A. Pengertian pemasaran
Pemasaran adalah salah satu
kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang
atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Hal
tersebut disebabkan karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan perusahaan,
di mana secara langsung berhubungan dengan konsumen. Maka kegiatan pemasaran
dapat diartikan sebagai kegiatan manusia yang berlangsung dalam kaitannya
dengan pasar. Kotler (2001) mengemukakan bahwa definisi pemasaran berarti bekerja dengan pasar sasaran untuk
mewujudkan pertukaran yang potensial dengan maksud memuaskan kebutuhan dan
keinginan manusia. Sehingga dapat dikatakan bahwa keberhasilan pemasaran
merupakan kunci kesuksesan dari suatu perusahaan. Menurut Stanton
(2001), pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari
kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga,
mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang memuaskan kebutuhan
baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
B. Tujuan Pemasaran
Tujuan
pemasaran atau marketing objective, adalah apa yang akan dicapai oleh
perusahaan melalui bagian pemasaran
1.
titik
awalnya adalah konsumen target
2.
fokusnya
adalah kebutuhan konsumen
3.
sasarannya
adalah laba melalui kepuasan konsumen
4.
caranya
melalui paduan antara promosi dan komunikasi pemasaran -> komunikasi
pemasaran terpadu
C. Strategi
Pemasaran
Strategi
pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut :
a. Faktor mikro,
yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat
b. Faktor makro,
yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.
No comments:
Post a Comment